23 December 2015

Feel The Fear And Do It Anyway

Kadang kita tidak jadi melangkah karena munculnya rasa takut. Berbagai macam rasa takut, takut gagal, takut gak bisa. Akhirnya kita menunggu… dan menunggu… sampai kita benar-benar siap dan yakin bisa berhasil, tapi itu akan sangat lama… lama sekali.

Padahal setiap kali kita melakukan suatu hal yang benar-benar baru, hal yang lumrah ada perasaan takut. Tapi jika kita terus-menerus melakukan kegiatan tersebut, maka kegiatan tersebut menjadi tidak lagi menakutkan.

Rasa takut bahwa kita tidak akan bisa menghadapi sesuatu hal yang baru sering kali membuat kita mengambil jalan yang mudah dengan kembali melakukan rutinitas yang biasa kita lakukan. Mencari jalan aman yang tak beresiko, berharap semuanya akan tetap seperti seperti biasanya. Kalaupun ada sesuatu yang kurang benar, berharap hal tersebut berubah menjadi benar, dan ketika hal yang tidak benar itu tetap menjadi tidak benar, akhirnya merasa menjadi orang yang tak berdaya, tak sanggup untuk melakukan perubahan untuk berkembang. Niat untuk mencari rasa aman, akhirnya menjadi ketidaknyaman.
Akhirnya rasa ketidakberdayaan ini lebih menakutkan daripada perubahan yang seharusnya dilakukan dari awal.

Kesimpulannya, bahwa cara terbaik untuk menghadapi rasa takut bukan dengan dengan mencari rasa aman dengan membuat hidup menjadi lebih aman, tetapi cara terbaiknya adalah dengan meningkatkan kemampuan atau keyakinan dengan kemampuan kita. Semakin kita yakin dan bisa menghadapi sesuatu, semakin berkurang alas an kita untuk takut. Ya, karena rasa takut seringkali datang ketika kita tidak yakin bisa menghadapi situasi yang akan terjadi jika kita mengambil suatu langkah tertentu.

No comments:

Post a Comment

Back To Top